Manfaat Lengkuas




Assalamu'alaikum Warahmatullaah . . .

Sahabatku . .

Di artikel singkat hari ini, kami akan membahas salah satu tanaman yang sering kita jumpai di beberapa masakan, namun ternyata jika kita teliti ternyata bumbu masakan ini banyak sekali manfaatnya.


Lengkuas merupakan tanaman berimpang yang hamper mirip bentuknya dengan Jahe dan Kunyit yang memiliki rimpang setinggi 1,5 – 2,5 m. Rimpang lengkuas terdiri dari dua jenis, yakni rimpang merah (besar) dan rimpang putih (kecil). Asal dari Lengkuas tidak diketahui secara pasti. Namun, saat ini tanaman yang masuk katergori semak ini telah menyebar di seluruh dunia dengan berbagai variannya. Untuk membudidayakan Lengkuas tidak sulit karena tanaman ini hidup dimana pun dengan syarat tanah lembab, gembur dan mendapat sinar matahari yang cukup.

Di Indonesia, lengkuas digunakan sebagai salah satu bumbu masakan. Tetapi tidak menutup kemungkinan Lengkuas digunakan untuk pengobatan herbal, seperti penyakit kulit, rematik, obat gosok, pelancar kandung kemih, penguat empedu dan untuk obat tetes telinga.

Kemampuan Lengkuas mengobati beragam penyakit di atas tidak terleas dari kandungan senyawa kimianya yang lumayan kompleks. Berikut adalah proses meracik Lengkuas menjadi obat sakit telinga.

Bahan – bahan :
   ·         1 rimpang Lengkuas

Cara Membuatnya :
   1.      Iris – iris rimpang Lengkuas, lalu tumbuk halus
   2.      Tumbukan halus ini disaring
   3.      Air hasil saringan dipakai untuk diteteskan di lubang telinga yang sakit

Aturan Pakai :
   ·         Bisa dipakai 1 kali sehari setiap hari



Semoga bermanfaat

Terimakasih :)

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

Popular Posts