Apa itu HOAX ?







Assalmu'alaikum Warahmatullah . .

Sahabatku . .

Apa itu HOAX ?
Hoax adalah sebuah informasi yang tidak benar namun dibuat atau direkayasa sedemikian rupa supaya terlihat seperti berita yang benar. Membuat orang-orang percaya akan berita tersebut dan akhirnya banyak pihak yang dirugikan akibat berita bohong tersebut.

Pelaku berita hoax ini pada umunya orang yang tidak bertanggungjawab, mereka menyembunyikan identitas mereka karena takut akan resiko yang akan mereka dapatkan. Hoax dapat dibuat dengan berbagai jenis, dari Agama, Bisnis, Poliki, Ekonomi, Pemerintahan, bahkan sampai musibah pun bisa dibuat sebuah berita hoax yang terkenal dikalangan masyarakat, khususnya di kalangan masyarakat yang sering aktif di dunia maya.

Didukung dengan teknologi yang semakin canggih, mudah didapatkan dan digunakan, semakin banyak oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang sengaja membuat suasana di dunia ini menjadi tidak baik. Kita semua pasti faham apa itu hoax, dan tahu contoh daripada hoax itu sendiri. Karena sekarang hoax telah beredar banyak di media sosial seperti Facebook, Twitter, Path, dan sebagainya atau aplikasi chatting seperti WA, BBM, Line, Telegram dan yang lainnya.

Namun kita juga harus mengetahui, bahwa perkara ini harus dihadapi dan disikapi dengan bijak dan cerdas. Jika seseorang menyikapi dengan emosi, justru hoax akan menjadi senjata bagi mereka untuk membuat kericuhan. Seperti api yang sedang membakar kayu kering, ditiup sedikit akan membesar.
Maka, sikapilah dengan hati yang tenang dan pikiran yang jernih, hoax sehebat apapun tidak akan memperngaruhi kehidupan kita. Berikut adalah tips untuk anda yang masih bingung bagaimana cara menyikapi atau apa yang harus dilakukan ketika menemukan berita hoax.

     1.  Yang pertama harus dilakukan adalah jangan langsung terbawa emosi. Redamlah emosi dan semua prasangka buruk anda. Jika terbawa emosi dan selalu berprasangka buruk, secara perlahan berita hoax itu akan semakin memakan perhatian anda yang dalam keadaan tidak baik. Akhirnya anda dengan mudah mempercayai berita hoax tersebut, bahkan memungkinkan anda untuk berpartisipasi menyebarluaskan berita hoax tersebut.

      2.  Jangan malas untuk menyelidiki lebih lanjut tentang berita tersebut, carilah informasi yang sama di tempat yang berbeda. Jika anda menemukan berita tersebut di sebuah alamat website, maka carilah di website lain yang sudah dipercaya keakuratan berita yang mereka informasikan. Jika memungkinkan anda bisa langsung bertanya ke narasumber terpercaya atau langsung bertanya kepada orang yang menjadi peran dalam berita hoax tersebut.


      3.  Telitilah dalam membaca atau mengamati segala hal yang ada di dalam berita tersebut. Jika berita tersebut disampaikan dalam bentuk gambar atau foto, maka lihatlah dengan seksama kondisi daripada gambar atau foto tersebut. Yang pasti, editan dengan yang bukan editan itu berbeda. Seperti wajah hasil operasi plastik dengan yang asli pastilah berbeda. Atau barang daur ulang dengan barang yang original pasti sangat berbeda tampilannya.

     4.  Biasanya kalimat yang digunakan dalam berita hoax sangat menarik atau aneh, jarang ditemukan kalimat-kalimat formal. Misalnya menggunakan kalimat paranoid seperti "Ayo sebarkan berita ini, jika anda sayang dengan orang-orang terdekat anda dan orang sekitar anda" atau kalimat yang melatarbelakangkan Agama seperti "Sebarkanlah sebelum anda merasakan akibat buruk karena tidak menyebarkannya, jika anda menyebarkannya sebentar lagi akan ada kebaikan yang datang kepada anda, jika tidak menyebarkannya hal buruk akan datang kepada anda."
   
   5. Perhatikan judulnya, judul yang ditulis biasanya menggunakan huruf yang non formal, misalnya menggunakan huruf besar semua disertai dengan tanda seru, supaya orang lebih yakin dengan adanya berita tersebut. Bandingkan dengan judul berita-berita yang benar, pasti ada perbedaan.

     6.  Carilah teman-teman yang up to date. Ini bisa membantu anda untuk mengkarifikasi informasi yang anda dapatkan, dengan cara saling berbagi informasi atau sharing, bisa membantu anda untuk mengetahui berita itu hoax atau bukan.

    7.  Selanjutnya mungkin anda bisa mengabaikan informasi tersebut. Carilah informasi-informasi yang membicarakan tentang kebaikan. Karena seringnya kita membicarakan tentang kebaikan, maka akan semakin banyak kebaikan yang akan datang dalam kehidupan kita.

Demikian tips yang bisa kami bagikan kepada anda bagaimana cara menyikapi suati berita atau informasi. Jika ada tambahan silahkan dimasukan ke kolom komentar ya. Kami sangat membutuhkan masukan yang lebih banyak.

Terimakasih








Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Popular Posts