Kenapa harus senyum ?



Assalamu'alikum warahmatullaahi wabarakaatuh . . .

Salam sehat sahabat semua :)

Pada pagi hari ini, saya akan mencoba berbagi lagi kepada sahabat sehat semua, betapa pentingnya dan baiknya sebuah senyuman. Memang sederhana, dan terkadang disepelekan. Namun senyuman sangat mempengaruhi kehidupan seseorang.

Karena raut wajah yang ditampakan, akan mempengaruhi hatinya sendiri dan hati setiap orang yang melihatnya. Kita sering melihat, wajah seseorang yang muram, marah, cemberut, baeud dan sebagainya. Llau bandingkan dengan wajah seseorang yang tersenyum riang dengan ikhlas, kita yang dikatakan normal pasti merasa senang dengan seseorang yang menampakan raut wajah yang dihiasi dengan senyuman.

Dalam Agama Islam, senyum itu adalah SEDEKAH. Kenapa disebut sedekah ? karena dengan senyuman secara tidak langsung kita telah memberikan kebahagiaan kepada orang lain. Sedangkan memberi kebaikan / kebahagiaan itu adalah salah satu bentuk dari sedekah. Selain itu, dengan senyuman urat-urat syaraf yang tegang akan menjadi relaks, dan akan mengeluarkan zat yang disebut ENDORSIM, yang Allah jadikan sebab tenangnya hati dan jernihnya pikiran. Dengan pernyataan tersebut bisa dikatakan juga SEDEKAH kepada diri kita sendiri melalui urat syaraf kita.

Berbeda kalau kita memberikan raut wajah yang tidak mengenakkan, secara tidak langsung kita telah memberikan keburukan kepada orang lain yang melihatnya. Menjadikan urat syaraf tegang, kepala pusing, hati tidak tenang dan mendatangkan banyak musuh.

Sebenarnya senyum itu mudah, namun bagi orang yang belum begitu mampu mengendalikan suasana hati akan begitu terasa sulit untuk tersenyum. Tersenyum disaat hati good mood itu mudah sekali, namun tersenyum disaat bad mood itu sangat susah sekali. tetapi itu harus dilatih sampai kita benar-benar bisa tersenyum ikhlas di dalam keadaan suasana hati bagaimanapun.

Budayakanlah senyum, belajarlah terseyum ikhlas di hadapan orang-orang, terlebih dihadapan orang-orang terdekat. Namun yang harus diperhatikan adalah ketika seorang wanita tersenyum untuk seorang lelaki yang bukan mahramnya, perintah Allah adalah untuk menjaga pandangan. Maka senyum pun ada adabnya, jangan sampai sebuah senyuman yang bisa menjadi nilai ibadah malah menjadi awal dari perbuatan maksiat.

Sahabat sehat, semoga kita diberi kekuatan untuk senantiasa tersenyum, maksudnya menjadi orang yang senantiasa senang dan menyenangkan, bahagia dan membahagiakan. Meski didalam kondisi hati yang paling buruk sekali pun.

ATTENTION
" Jangan senyum-senyum sendiri :D "

Semoga bermanfaat :)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Popular Posts