Inilah Jawabannya






Assalamu’alaikum Warahmatullaah . . .

Sahabatku . . .

Kami akan memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah anda jawab di materi sebelumnya di https://pondok-sehat-kita.blogspot.com/2018/10/ayo-selesaikan-kuis-ini.html. Yang belum menjawab pertanyaannya, boleh buka link tersebut ya !. Namun sebelumnya, kami akan menjelaskan sedikit materi yang berhubungan dengan semua pertanyaan-pertanyaan tersebut.
..........
..........
Diantara  kemampuan yang dimiliki oleh manusia adalah berkomunikasi. Dengan berkomunikasi, seseorang akan mendapatkan banyak hal, teman dan informasi. Berkomunikasi dapat membantu seseorang untuk lebih mengenal dunia luar, menambah pengetahuan dan pengalaman hidup. Jika seseorang tidak pintar berkomunikasi, dia tidak akan mampu mengembangkan kehidupan sosialnya. Manusia adalah makhluk social, dan berkomunikasi adalah salah satu penunjang seseorang untuk meningkatkan kecerdasan sosialnya.

Kemampuan ASERTIFITAS adalah salah satu dari kemampuan berkomunikasi seorang manusia. Ada beberapa teori yang dikemukakan oleh para ahli tentang ASERTIFITAS tersebut. Manurut Lazarus (Fensterheim, 1980), pengertian perilaku asertif mengandung suatu tingkah laku yang penuh ketegasan yang timbul karena adanya kebebasan emosi dan keadaan efektif yang mendukung. Sedangkan Taumbmann (1976) menyatakan bahwa asertif adalah suatu pernyatan tentang perasaan, keinginan dan kebutuhan pribadi kemudian menunjukkan kepada orang lain dengan penuh percaya diri.

Dari semua teori yang dinyatakan oleh para ahli tersebut, bisa disimpulkan bahwa ASERTIVITAS merupakan suatu kemampuan untuk mengkomunikasikan apa yang diinginkan, dirasakan, dan dipikirkan kepada orang lain namun dengan tetap menjaga dan menghargai hak-hak serta perasaan pihak lain.

Asertif sangat penting untuk dikembangkan. Karena jika tidak dikembangkan, hanya sifat ego yang akan bertumbuh kembang di dalam diri seseorang. Ego sangat merusak kehidupan, mempersempit ruang untuk berinteraksi, karena lawan bicara pun akan merasa nyaman dengan keegosian tersebut.
Maka kembangkanlah kemampuan ASERTIFITAS, jika anda menginginkan kehidupan baik dan banyak teman. Dalam pembahasan sebelumnya, anda telah menjawab 15 pertanyaan yang berhubungan dengan materi ini. Dan inilah saatnya anda menilai diri anda sendiri, seberapa jauh anda memiliki kemampuan asertif.

Ambillah catatan anda atau ingat-ingat kembali jumlah dari hasil jawaban anda !!!

“Nilailah diri sendiri, sebelum anda menilai orang lain!”

Jika nilai anda 15 – 19
Sulit bagi anda untuk memenuhi keinginan anda sendiri dan biasanya  menempatkan kepentingan orang lain di atas kepentingan disi sendiri. Hal ini dapat membuat anda jengkel dan merasa terbebani, dan mungkin suatu saat tiba-tiba anda merasa marah. Anda lebih bersikap pasif dibandingkan asertif dan mungkin sulit bagi anda untuk mengungkapkan perasaan anda yang sesungguhnya. Anda sering sulit membuat keputusan yang didasarkan pada pemikiran yang jernih dan anda sulit untuk mengatakan tidak kepada orang lain.

Jika nilai anda 20 – 24
Anda tahu bagaimana bersikap asertif tetapi kadang – kadang anda merasa ada teralu banyak rintangan yang menghadang. Walaupun anda sadar bahwa anda sering bersikap pasif, anda sering membiarkan diri anda terjebak oleh perasaan khawatir mengenai apa yagn dipikirkan oleh orang lain. Anda ingin mampu lebih sering mengatakan apa yang benar-benar anda pikirkan dan rasakan.

Jika nilai anda 25 – 30
Anda adalah orang yang asertif dan anda menyadarinya ! Anda telah mengembangkan beberapa strategi yang membuat anda mampu mengendalikan situasi apa pun dan anda dapat berkata tidak tanpa rasa bersalah. Nilai anda yang tinggi merupakan cerminan rasa percaya diri dan harga diri anda. Selamat, anda dapat menunjukkan jati diri anda.
..............
..............
Bagaimana, anda termasuk golongan yang mana ?

Jika nilai anda masih kurang dengan kriteria Asertifitas yang sebenarnya, anda masih punya banyak kesempatan untuk mengembangkannya. Dan bagi anda yang sudah mencapai kriteria penilaiannya, kami ucapkan SELAMAT dan jangan sampai kemampuan itu hilang dari diri anda.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar

Popular Posts